Senin, 12 November 2012

cao makanan khas pangkep


Cao,Makanan tradisional khas Pangkep

Posted by Sutami SuparminJumat, 13 Juli 20120 komentar
Cao "Makanan tradisional Pangkep".
Cao makanan tradisional Pangkep yang dihasilkan dari proses fermentasi dengan beberapa bahan tradisional yang disimpan dalam botol.Biasanya yang dijadikan sebagai bahan baku utama adalah ikan kecil atau udang (shrimp or vehicle) yang di fermentasi dengan ragi Shaccaromicces sp. dan disimpan dalam botol yang lamanya sekitar 3 hari.Setelah proses fermentasi selesai,biasanya makanan ini berubah menjadi warna Pink. 
Memang makanan ini sangat berbau aneh,namun setelah diolah dengan bumbu dan racikan baik maka akan menarik selera teman-teman. Sejarah cao sebenarnya berasal dari pulau Salemo,Kab Pangkep.
Awalnya,orang di pulau ingin menukarkan ikan dengan orang yang berada di darat.Namun,karena jarak yang jauh dan berbagai halangan pada waktu itu,maka salahseorang yang berada di pulau salemo berpikiran ingin membuat makanan yang tahan sampai berbulan-bulan,setelah itu dibuatlah cao yang begitu murah dan bahan-bahannya terjangkau.Tidak diketahui siapa orang yang pertama yang membuatcao,namanya saja suatu peninggalan tradisional yang turun menurun dan diteruskan,tidak di tahu siapa penemunya.
Makadari itu,PCE (Pangkep Culture Exploration) mengangkat makanan tradisional ini kedalam study materi yang hanya dipelajari oleh siswa SMAN 2 PANGKAJENE,Sulawesi Selatan.
Untuk mengenal SMADA lebih,coba anda kunjungi http://sma2pangkep.sch.id untuk yang mau tahu apa itu cao,artikel tentang cao dan saya punya artikelnya Caomakanan tradisional Pangkep dalam bentuk persentasi....... ,
Jangan lama-lama klik saja link di bawah dan langsung terhubung ke 4shared,tapi kalian harus sign up dulu atau sign in bagi yang udah punya akun 4shared!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar